Sabtu, 31 Mei 2008

jangan panggil gue JOKO

Ga terasa, ternyata gue udah dinyatain jomblo secara de facto dan de jure semenjak 20 januari. Itu berarti, sekarang gue udah jomblo selama 4 bulan. Oh my God ini adalah masa jomblo gue terlama!. Pantesan kalo temen-temen kozan gue ngasih nama baru ke gue, si JOKO alias jomblo konsisten. Anjrot! nasib…nasib…

Ini sich belum seberapa kejam, dibandingin temen-temen gue yang lain. Dengan tanpa rasa peri kemanusiaan dan tendeng aling-aling mereka nanya, “Sebenernya lu masih normal ga sich jok(o) maaf maksud gue Nobey?”. “What!!!” kata gue. Ternyata isu lama mulai berkembang, kalo gue tuh homo (sialan). Sumpah gara-gara nih isu, gue sempet mantengin pilem dewasa semaleman dan untungnya gue terbawa suasana, alhasil si Joni sukses upacara bendera sendirian selama 30 menit. Gue pun puas. Walaupun gue ga tau pasti, si Joni berdiri gara gara kecantikan si aktris atau malah sebab kegagahan aktornya. Masa bodoh, yang penting Joni masih bisa berdiri tegak. I think so far so good lah.

Diposting oleh cafelosophy di 11.00 | 0 komentar  
Kamis, 29 Mei 2008

The rising star is BBM

Pernah kebayang ga sama lu? Kalo ternyata ga cuman selebritis aja yang bisa jadi trendsetter di negeri ini. Percaya ga percaya, ternyata Presiden pun sekarang udah jadi trendsetter. (Lu jangan ngebayangin remaja yang bergaya rambut Mohawk terus mendadak jadi belah pinggir ala SBY, apalagi sampe rame-rame make baju safari buat dateng ke acara pesta anak punk atau diskotik) tapi ini tentang kebijakan. Coba deh lu inget-inget, tiap kali Presiden ngeluarin kebijakan naikin BBM, yang lain pasti pada ikutan naik, iya kan?!. Udah gitu acara di tipi penuh ama berita BBM dari pagi sampe pagi lagi. Makanya seharusnya yang demo menyikapi kenaikan harga BBM itu ga cuman mahasiswa, tapi juga selebritis dan artis karena mereka kini punya saingan baru yakni BBM (bener ga seh?hehehe).

Gue sebagai mahasiswa (chiyee) ngerasa punya kwajiban buat ngejelasin kepada masyarakat (pake syien) awam, kenapa mahasiswa harus turun ke jalan, disaat semuanya pada naik?. Karena bagi sebagian orang, ini adalah hal aneh.

Buktinya tetangga kozan gue yang berprofesi sebagai tukang somay, nyempetin dateng ke kozan gue subuh-subuh cuman buat nanya,

“Kenapa sih mahasiswa mesti cape-cape turun ke jalan? Padahal semuanya udah pada naik? Emang ada yang dengerin mereka dibawah sana?”.

Terus terang gue bingung buat ngejawab pertanyaan tukang somay yang polos tapi beruntun kayak gerbong kereta itu. Pas gue masih bingung nyari jawaban yang tepat, eh tuh abang-abang malah nyeramahin gue 4 SKS tentang diksi alias pemilihan kata. Gue jadi tambah sinting mikirin nih orang. Sebenernya dia itu tukang somay, apa dosen bahasa Indonesia?. Entahlah… kayaknya hanya Tuhan dan dia deh yang tau

“Kalo saran gue nih ya De (ciye gue dipanggil Adek, sejak kapan tukang somay berhasrat buat ngawinin gue sama adeknya? Pikir gue), mendingan mahasiswa seperti Adek ini naik ke jalan, biar yang diatas sana denger. Kalo Adek sama temen-temen Adek tetep turun ke jalan, otomatis yang diatas sana kagak kedengeran. Benerkan saran abang?”.

Anjroot…ternyata tukang somay ini serius mo jadiin gue adek iparnya. Buktinya, sekarang aja gue udah disuruh manggil dia abang.

“Bener bang, besok gue bilangin deh biar temen-temen gue ga lagi turun ke jalan, tapi naik ke jalan” kata gue lemes tapi tetep aja sambil emosi. Sumpah gue ga tau mesti ngomong apa sama tukang somay yang punya IQ diatas 700 ini.

“Begitu dong” sahut tukang somay dengan wajah sumringah sambil nepuk-nepuk pundak gue, mungkin dia seneng ngelihat satu-satunya mahasiswa dia paham mata kuliahnya pagi ini.

“Ya udah, kalo Adek udah paham, abang balik dulu ya” pamit tukang somay mengakhiri kuliah subuhnya.

“Iya bang” kata gue sambil nundukkin kepala. Ya Allah… salah apa hambaMu ini sampai harus menyimak ceramah tukang somay dipagi buta?, munajat gue pada Tuhan setelah tukang somay itu pergi. Setelah gue pikir-pikir, kejadian ini sebenernya bisa nimpah sama siapa aja. Makanya gue mesti ngasih tau ke semua pembaca.

Jadi ceritanya begini nih para pembaca, harga BBM kan naik, tarif angkutan juga naik, otomatis harga sembako juga naik, itu berarti menu di WARTEG mau ga mau harus ikutan naik (So intinya, sekarang tuh lagi trend naik. Kalo ga naik, ga gaul). Makanya (menurut otak gue) mahasiswa pada turun ke jalan buat nemenin mereka yang belum pada naik (bener kan?).

Selain itu, uang bulanan mahasiswa rantau macem gue ini, juga udah 4 tahun ketinggalan trend alias kagak naik-naik. Makanya para mahasiswa (yang senasib sama gue) pada ikutan demonstrasi ke istana presiden. (Lagi-lagi menurut otak gue) Mereka demo minta sama presiden, kalo bikin trend naik, ajak-ajak orang tua kita, biar kompak. Getho…

Nah, kalo mahasiswa rame-rame demonstrasi ke gedung DPR dan istana presiden, gue sama temen kozan malah sepakat bikin rencana buat demonstrasi ke orang tua masing-masing. Minimal kita bakalan ngajuin hak angket ke mereka. “Kenapa uang kiriman kita ga pernah ngikutin trend BBM?”. Ribet kan?.

Kozan, 1 hari menjelang aksi demonstrasi ke orang tua.

“Nhox, Ieday sama Sutan kemana?” Tanya gue yang baru dateng dari kampus pada Monhox yang lagi asik main gitar di teras kozan.

“Makan ke WARTEG” jawab Monhox

“Busyet, bukannya mereka udah pada makan tadi?”

“Ya gitu deh”

“Nah terus ngapain mereka makan lagi?”

“Katanya sih buat persiapan” jelas Monhox

“Persiapan buat apa?”

“Mogok makan”

“Maksud lu, mereka mau ikutan aksi mogok makan di kampus?”

“Salah….”

“Nah terus mereka mau mogok makan dimana?”

“Mereka mau mogok makan di rumah, biar uang kiriman dinaikkin”

“Astaghfirullah hal ‘adzim….” Gue nyebut sambil mijit-mijit kepala karena ga percaya sama rencana gila Ieday dan Sutan.

“Kenapa lu?” tanya Monhox, “tumben nyebut nama Tuhan”.

“Sialan, lu kira gue kafir”

“He he he” Monhox cuman senyum-senyum ngelihat gue yang duduk di sampingnya sewot. Ga berapa lama makhluk yang gue tunggu, Sutan sama Ieday dateng dari WARTEG. Mereka-pun segera gue seret ke ruang tengah.

“Apa-apaan nih Bey?” protes Sutan.

“Udah jangan banyak tanya!” bentak gue ke Sutan. Ngelihat gue yang emosi Sutan sama Ieday cuman bisa diem sambil ngikutin langkah gue ke ruang tengah, sedangkan Monhox masih terus main gitar di teras kozan. Doi ga mau tau apa yang bakalan gue lakuin ke Ieday sama Sutan.

“Sebenernya lu berdua tuh mau ngapain?” Tanya gue ke Ieday dan Sutan begitu kita duduk melingkar di ruang tengah.

“Demo lah” jawab Sutan semangat.

“Iye gue tau, kita emang udah sepakat buat demo ke orang tua masing-masing”

“Nah, tuh lu udah tau, kenapa nanya lagi?” sahut Ieday

“Bukannya gitu, gue emang udah tau kalo kita bakalan demo, tapi gue ga tau kalo lu berdua bakalan pake acara mogok makan”

“Gimana sih, inikan ide lu” protes Sutan karena kecewa sama gue.

“Iye demo ini emang ide gue, tapi ga harus sampe mogok makan gitu kan?”

“Kalo kita ga mogok makan, suara kita ga bakalan didengerin sama pemegang kekuasaan. Inget kawan, perjuangan kita adalah perjuangan yang suci demi kesejahteraan rakyat. Sudah waktunya para policy maker tau kalo rakyat sebenernya udah lama menderita” jawab Sutan berapi-api. Maklum doi adalah menteri politik di BEMU jadi terbiasa orasi sampe-sampe doi lupa kalo kali ini kita bakalan demo ke orang tua masing-masing, bukan ke istana presiden. Sialnya Ieday juga udah termakan provokasi Sutan.

“Setuju” sahut Ieday sambil ngepalin tangan penuh semangat, sampe urat di lehernya keluar.

“Emang harus gitu ya?” Tanya gue sama Sutan dan Ieday

“Ya iyalah, ini satu-satunya jalan yang tersisa kawan. Bahkan kalo perlu kita juga bakalan ngundang para jurnalis, biar aksi kita diliput sama media dan masuk tipi, Sehingga orang tua kita ga bisa lagi nahan buat naikin uang bulanan kita” jelas Sutan.

“Wah, ide bagus tuh” celetuk Ieday

“Itu sih ide bagus buat lu berdua, tapi kalo buat gue sama Monhox itu ide gila”

“Maksud lu apaan Bey?” Tanya Sutan

“Lu ga lihat apa? badan gue sama Monhox tuh tinggal kulit sama tulang doang. Kalo maksain mogok makan bisa mampus kita”

“Oh iya ya, lu ama Monhox kan kurus” sahut Ieday sambil megangin kepala.

“Baru nyadar mas?” celetuk gue terus nyalain rokok.

“Terus gimana dong?” Tanya Sutan, “jadi ga nih kita demo?”

“Ya iyalah, tapi caranya yang bener” terang gue

“Gue punya ide nih” kata Ieday

“Apaan?”

“Gimana kalo lu sama Monhox demonya makan aja terus biar gemuk, sedangkan gue sama Sutan demonya mogok makan sekalian diet. Gimana?”

“Wah kalo yang ini gue setuju Day”

“Berarti kita jadi demo dong” kata Sutan yang udah ga sabar buat demo.

“Yoa” sahut gue dan Ieday bareng-bareng. Tapi sayang ga lama kemudian forum kita harus bubar karena HP Sutan berdering, kemudian menyusul HPnya Ieday dan yang terakhir HP gue. Pas gue lihat ternyata bokap gue yang telpon.

“Gimana kabarnya Bey, sehat?” Tanya bokap gue

“Alhamdulillah sehat”

“Oh ya bapak cuman mau nanya, kira-kira setelah BBM naik kebutuhan kamu perbulannya jadi berapa?”

“Deg” jantung gue mendadak berhenti berdenyut. Gue baru nyadar kalo ternyata bokap gue perhatian banget sama gue. Gue jadi ngerasa bersalah karena udah ngerencanain demo buat minta kenaikan uang bulanan. Ternyata tanpa gue minta pun, bokap gue udah mikirin itu.

“Kok diem?” Tanya bokap gue.

“Oh ga, neh lagi ngitung aja pak, kira-kira kebutuhan bulanan gue berapa”

“Dua juta cukup ga?”

“Cukuplah”

“Ya udah kalo gitu, hati-hati ya di Jakarta” pesen bokap.

“Iya pak” sahut gue.

Alhasil kita ga jadi demo karena orang tua kita masing-masing mau naikin uang bulanan tanpa kita harus demonstrasi. Gue jadi ngebayangin, coba kalo presiden bisa ngertiin rakyatnya kayak bokap ngertiin anaknya, pasti Negara ini ga ada demonstrasi dan anarki.

Diposting oleh cafelosophy di 10.52 | 0 komentar  
Senin, 26 Mei 2008

puisi

Antara aku dan awan

Bagaimana ku tumbuhkan bunga?

Bila hatiku adalah sahara

Bahkan hujan enggan berziarah

Semenjak khilaf jadi orang ketiga

Antara aku dan awan

Saling merindu

Saling butuh

Namun sombong tak mengizinkan

Entah siapa yang kan mulai melangkah?

Membunuh ego demi cinta

Meninggalkan beku penantian

Demi taman bunga yang di-impikan

Kau belum terganti

Tiada yang sanggup memetik dawai hati

Membuka tirai malam

Tuntun langkah yang gontai

Selain engkau wahai cinta

Menyebutmu di setiap nafas

Tak hadirkan wujud selain bayang

Sejenak gerbang nirwana terbuka

Lalu hilang ditelan kesadaran

Memikirkanmu di sempitnya waktu

Hujamkan sejuta pilu di kalbu

Tumbuhkan sesal tak berujung

Menjelma badai dalam hidupku
Diposting oleh cafelosophy di 16.26 | 1 komentar  
Rabu, 21 Mei 2008

welcome Oliver Khan

akhirnya datang juga..... Bayern Munchen, klub juara Bundes Liga Jerman ke gelora bung karno. Sumpah gue sama Ieday (temen kozan gue) udah ga sabar nunggu hari ini. Sampe-sampe gue ga bisa tidur nyenyak sebulan, gara-gara ngebayangin permainan cantik FC Hollywood.
sialnya hari ini gue mendadak ada UAS, so gue ga bisa beli tiket deh. Mana tuh Dosen killer lagi. Bt deh. coba aja lu bayangin gue udah cape-cape baca artikel bahasa inggris dengan logatnya Cinta Laura (udah ujan, becek ga ada ojek) biar kelihatan Brithis banget gitu, terus ditanya-tanya, eh tetep aja gue cuman dapet nilai 65 itu berarti gue cuman dapet grade C. Padahal gue masuk nih mata kuliah udah ga pake urat malu. Habis gue mesti sekelas sama junior gue yang semuanya mangil gue kakak. sial....
untung Ieday dg sifat pahlawannya rela berpanas-panas ria ngantri buat beliin tiket gue. So gue masih punya harapan buat bisa nonton Munchen. masa bodohlah nilai gue ancur yang penting gue bakal terpuaskan hari ini.
Diposting oleh cafelosophy di 12.23 | 1 komentar  
Selasa, 13 Mei 2008

Gue Masih Waras

Kalo diitung-itung, udah sebulan ini gue “agak” rajin mandi. Ternyata bagi temen-temen kozan, kelakuan gue ini dianggep ganjil dan ngebingungin. Sampe Ieday ngerasa perlu nanyain apakah kaidah gue, “Mandi tidak menentukan masa depan” yang udah masyhur di 7 lapis bumi dan langit itu masih berlaku. Bagi gue pertanyaan Ieday ini masih wajar. Sebagai sahabat karib, Ieday pasti pengen mastiin kalo gue baik baik aja. Dan kelakuan gue yang positif ini, bukan karena gue lagi dirasukin sama jin penjaga kolam pemancingan belakang kozan. Maklum doi itu kan orang Banten, jadi setiap kelakuan gue yang berubah, mau baik maupun buruk selalu aja dihubungin sama hal-hal gaib. Untungnya, kali ini Ieday ga nyuruh gue mandi kembang. Katanya (mungkin juga doa Ieday buat gue) mendingan gue dirasukin jin yang bisa bikin gue rajin mandi daripada gue waras tapi males mandi dan mudah-mudahan jin itu kerasan di tubuh gue selamanya. Sialan!

Sialnya lagi, ternyata temen-temen kozan perhatian banget sama gue. Sampe-sampe mereka ngadain rapat istimewa buat nyari penyebab kenapa gue jadi “agak” rajin mandi. Tentu aja semua itu tanpa sepengetahuan gue dan penjelasan dari gue. So rekomendasi yang dihasilin dari rapat itu-pun ngaco plus nyengsarain gue.

Gue masih inget banget malem itu malem jumat, gue baru aja keluar dari kamar mandi. Tiba-tiba Sutan, Monhox dan Ieday narik gue ke ruangan tengah yang lampunya sengaja mereka matiin. Suasananya gelap dan sunyi hanya ada suara kipas angin yang menderu. Belum sempet gue nanya ada apa, mereka udah nyuruh gue duduk di lantai ngadep moncong lampu belajar yang ada diatas meja pendek, tempat kita biasa ngopi sambil lesehan. “klik” mendadak lampu belajar itu nyala dan sorot sinarnya pas banget di muka gue. “Anjrot!, gue mau diapain nih sama mereka” pikir gue. Buru-buru gue berdiri buat make baju karena ga tahan sama rasa dingin, namun Monhox menahan niat gue. Alhasil gue disidang cuman pake celana pendek doang (mirip adegan pencuri ayam yang ketangkep terus dihakimin masa di berita kriminal patroli).

“Ada apaan sih?” tanya gue sama Monhox, Sutan dan Ieday yang duduk di seberang meja ngadepin gue sendirian yang lagi nahan rasa dingin.

“Lu ga apa-apa kan?” Tanya Sutan penuh kekewatiran.

“Ga” jawab gue, “Gue baik-baik aja kok hehhh…hehehhh…”.

“Nama lu sapa?” tanya Sutan mulai mengintrogasi gue.

“Nobey hehhh…hehhh…” jawab gue sambil terus mengigil kedinginan.

“Umur?” Sutan kembali nanyain gue, namun kali ini doi sambil nyatet jawaban gue di buku besar yang doi pegang.

“hehhh…hehhh…24 tahun”

“Jenis kelamin?”

“Cowok lah hehhh…hehhh…”

Ngelihat gue yang mengigil kedinginan, mereka makin bersemangat buat ngelanjutin sidang gila ini. Terbukti Ieday pun kini ikut-ikutan nanya. Ga cuman nanya, doi juga megangin jidat gue. Seakan otak gue nih lagi hang dan perlu pemeriksaan.

“Status?” tanya Ieday sambil telapak tangannya nempel di jidat gue.

“Hehhh…hehhh…Jomblo”

“Terakhir kali putus sama pacar?”

“Hehhh…hehhh…20 Januari”

“Punya berapa mantan?”

“Bentar” kata gue yang ga bisa langsung jawab pertanyaan Ieday, karena gue mesti bener dalam mengklasifikasi mana pacar, simpenan, selingkuhan, maupun TTM. Setelah yakin kalo hitungan gue bener, gue langsung jawab, “18”

“Serius?”

“Ya serius lah” jawab gue dengan nada sewot karena jengkel sama berondongan pertanyaan Ieday.

“Ini berapa?” kali ini giliran Monhox yang nanya sambil nunjukkin beberapa jari tangannya tepat didepan mata gue.

“Tiga” jawab gue enteng. Denger jawaban gue yang selalu bener, mereka bertiga langsung bisik-bisik, seakan mereka lagi rapat penting plus rahasia yang ga boleh gue denger.

“Lu bertiga ngapain sih? Emang gue salah apa? Nyampe perlu disidang kayak gini” Tanya gue emosi sehingga badan gue ga kerasa dingin lagi.

“Sabar Bey…” kata Ieday sambil megangin pundak gue.

“Gimana gue bisa sabar? kalo lu bertiga main rahasia-rahasian!” protes gue.

“Kita cuman mau mastiin aja, kalo lu tuh waras dan bersih dari gangguan jin” terang Sutan

“Sialan lu” bentak gue sambil ngegebrak meja. Ngelihat gue yang emosi, tanpa dikomando siapapun, Monhox langsung baca ayat Kursyi.

Busyet ternyata mereka masih nganggep gue kerasukan jin penunggu kolam pemancingan nih, pikir gue.

“Eh asal kalian tau aja ya, gue rajin mandi tuh bukan karena gue kerasukan jin, tapi gue ga tahan ama badan gue yang gatel-gatel” terang gue sama mereka bertiga.

“Oh….” Kata mereka bertiga sambil ngangguk-ngangguk puas.

“Udah puas lu nyiksa gue?”

“Terus dari tadi kenapa lu mengginggil?” Tanya Sutan

“Ya kedinginan lah! Gila apa lu? Gue habis mandi belum juga make baju, udah lu suruh duduk aja di lantai, dikipasin pula. Bisa-bisa masuk angin nih gue”

“Ya maap” kata mereka bertiga enteng, terus pergi keruang depan buat nonton TV. Sedangkan gue dibiarin duduk sendirian di ruang tengah tanpa baju dengan muka disorot lampu belajar dan kipas angin yang bikin gue beku kedinginan.

Diposting oleh cafelosophy di 15.33 | 1 komentar  
Jumat, 09 Mei 2008

Tuhan

Izinkan tangan hamba mengetuk Arsy Mu

Meski berlumur dosa

Berselimut hasrat dunia

Kaulah Sang Maha Suci

Leburkan aku dalam cawanMu

Bercumbu dalam hening nurani

Lewat getaran kosmos

Izinkan hamba bicara

Mengakui segala salah

Setelah 24 malam tertidur

Resah hamba tak tertahan

Kerinduan mengalirkan air mata

Membasuh sombong yang berkuasa

Bekukan rasio hamba yang binal

Duhai hati yang resah

Kekasih yang kau tunggu kini tiba

Ucapkan salam padanya

Wahai aliran nafas

Kita telah sampai samudera

Diposting oleh cafelosophy di 16.29 | 0 komentar  
Langganan: Komentar (Atom)