Gue Masih Waras
Kalo diitung-itung, udah sebulan ini gue “agak” rajin mandi. Ternyata bagi temen-temen kozan, kelakuan gue ini dianggep ganjil dan ngebingungin. Sampe Ieday ngerasa perlu nanyain apakah kaidah gue, “Mandi tidak menentukan masa depan” yang udah masyhur di 7 lapis bumi dan langit itu masih berlaku. Bagi gue pertanyaan Ieday ini masih wajar. Sebagai sahabat karib, Ieday pasti pengen mastiin kalo gue baik baik aja. Dan kelakuan gue yang positif ini, bukan karena gue lagi dirasukin sama jin penjaga kolam pemancingan belakang kozan. Maklum doi itu kan orang Banten, jadi setiap kelakuan gue yang berubah, mau baik maupun buruk selalu aja dihubungin sama hal-hal gaib. Untungnya, kali ini Ieday ga nyuruh gue mandi kembang. Katanya (mungkin juga doa Ieday buat gue) mendingan gue dirasukin jin yang bisa bikin gue rajin mandi daripada gue waras tapi males mandi dan mudah-mudahan jin itu kerasan di tubuh gue selamanya. Sialan!
Sialnya lagi, ternyata temen-temen kozan perhatian banget sama gue. Sampe-sampe mereka ngadain rapat istimewa buat nyari penyebab kenapa gue jadi “agak” rajin mandi. Tentu aja semua itu tanpa sepengetahuan gue dan penjelasan dari gue. So rekomendasi yang dihasilin dari rapat itu-pun ngaco plus nyengsarain gue.
Gue masih inget banget malem itu malem jumat, gue baru aja keluar dari kamar mandi. Tiba-tiba Sutan, Monhox dan Ieday narik gue ke ruangan tengah yang lampunya sengaja mereka matiin. Suasananya gelap dan sunyi hanya ada suara kipas angin yang menderu. Belum sempet gue nanya ada apa, mereka udah nyuruh gue duduk di lantai ngadep moncong lampu belajar yang ada diatas meja pendek, tempat kita biasa ngopi sambil lesehan. “klik” mendadak lampu belajar itu nyala dan sorot sinarnya pas banget di muka gue. “Anjrot!, gue mau diapain nih sama mereka” pikir gue. Buru-buru gue berdiri buat make baju karena ga tahan sama rasa dingin, namun Monhox menahan niat gue. Alhasil gue disidang cuman pake celana pendek doang (mirip adegan pencuri ayam yang ketangkep terus dihakimin masa di berita kriminal patroli).
“Ada apaan sih?” tanya gue sama Monhox, Sutan dan Ieday yang duduk di seberang meja ngadepin gue sendirian yang lagi nahan rasa dingin.
“Lu ga apa-apa kan?” Tanya Sutan penuh kekewatiran.
“Ga” jawab gue, “Gue baik-baik aja kok hehhh…hehehhh…”.
“Nama lu sapa?” tanya Sutan mulai mengintrogasi gue.
“Nobey hehhh…hehhh…” jawab gue sambil terus mengigil kedinginan.
“Umur?” Sutan kembali nanyain gue, namun kali ini doi sambil nyatet jawaban gue di buku besar yang doi pegang.
“hehhh…hehhh…24 tahun”
“Jenis kelamin?”
“Cowok lah hehhh…hehhh…”
Ngelihat gue yang mengigil kedinginan, mereka makin bersemangat buat ngelanjutin sidang gila ini. Terbukti Ieday pun kini ikut-ikutan nanya. Ga cuman nanya, doi juga megangin jidat gue. Seakan otak gue nih lagi hang dan perlu pemeriksaan.
“Status?” tanya Ieday sambil telapak tangannya nempel di jidat gue.
“Hehhh…hehhh…Jomblo”
“Terakhir kali putus sama pacar?”
“Hehhh…hehhh…20 Januari”
“Punya berapa mantan?”
“Bentar” kata gue yang ga bisa langsung jawab pertanyaan Ieday, karena gue mesti bener dalam mengklasifikasi mana pacar, simpenan, selingkuhan, maupun TTM. Setelah yakin kalo hitungan gue bener, gue langsung jawab, “18”
“Serius?”
“Ya serius lah” jawab gue dengan nada sewot karena jengkel sama berondongan pertanyaan Ieday.
“Ini berapa?” kali ini giliran Monhox yang nanya sambil nunjukkin beberapa jari tangannya tepat didepan mata gue.
“Tiga” jawab gue enteng. Denger jawaban gue yang selalu bener, mereka bertiga langsung bisik-bisik, seakan mereka lagi rapat penting plus rahasia yang ga boleh gue denger.
“Lu bertiga ngapain sih? Emang gue salah apa? Nyampe perlu disidang kayak gini” Tanya gue emosi sehingga badan gue ga kerasa dingin lagi.
“Sabar Bey…” kata Ieday sambil megangin pundak gue.
“Gimana gue bisa sabar? kalo lu bertiga main rahasia-rahasian!” protes gue.
“Kita cuman mau mastiin aja, kalo lu tuh waras dan bersih dari gangguan jin” terang Sutan
“Sialan lu” bentak gue sambil ngegebrak meja. Ngelihat gue yang emosi, tanpa dikomando siapapun, Monhox langsung baca ayat Kursyi.
Busyet ternyata mereka masih nganggep gue kerasukan jin penunggu kolam pemancingan nih, pikir gue.
“Eh asal kalian tau aja ya, gue rajin mandi tuh bukan karena gue kerasukan jin, tapi gue ga tahan ama badan gue yang gatel-gatel” terang gue sama mereka bertiga.
“Oh….” Kata mereka bertiga sambil ngangguk-ngangguk puas.
“Udah puas lu nyiksa gue?”
“Terus dari tadi kenapa lu mengginggil?” Tanya Sutan
“Ya kedinginan lah! Gila apa lu? Gue habis mandi belum juga make baju, udah lu suruh duduk aja di lantai, dikipasin pula. Bisa-bisa masuk angin nih gue”
“Ya maap” kata mereka bertiga enteng, terus pergi keruang depan buat nonton TV. Sedangkan gue dibiarin duduk sendirian di ruang tengah tanpa baju dengan muka disorot lampu belajar dan kipas angin yang bikin gue beku kedinginan.





lucu banged ituh temen2nya mas abonk!
orang jadi rajin mandi dikirain kerasukan jin.
hhe.
dasar!
tapi sekarang masih rajin mandi kan mas? :P